Anak Power ’02

Setelah jenuh gara2x belajar non stop dan mentok disalah satu topik, tadi malam akhirnya gw browsing foto2x tagging dari facebook dari yang terbaru sampai yang tertua dan menemukan beberapa foto yang bikin gw cekikikan..

Foto pertama yang temuin. Dari foto ini menunjukan suatu komunitas yang perbandingan antara kaum hawa dan adam dengan persentase yang jomplang dan dipakai sebagai alasan atau pembenaran mengapa sebagian besar dari mereka lulus dengan predikat jomblo pada wisuda S1 atopun pada wisuda S2 buat kasus khusus yang disandang si Windra, salah seorang calon Doktor yang lagi bermain2x di Jepang. Smoga aja untuk wisuda dijepang sana udah gak menyandang status jomblonya. 😀

Foto kedua yang ditemuin dimana kita berkunjung ke tempatnya rangga yang cuti kuliah karena sakit. Tempat yang menyenangkan deket lokasi Mak erot berada. suasana yang asri dan dengan disuguhi makan nasi dari bakul beralaskan daun dan jg lauk ikan yang ngambil langsung dari empang empunya rumah.  Salah satu waktu yang dilalui dimana para jejaka arus kuat dengan malu2x kucing pengen bisa berkenalan dengan adiknya yang empunya rumah. Udah banyakan dan main kroyokan pun masih gak berani kenalan..:D

Salah satu foto yang cukup lengkap memuat anggota power. Foto yang diambil setelah suatu acara ekskursi yang dikomandani oleh sebut saja namanya kohar. 😀

Kelompok manusia yang gw yakin sbenernya dari segi otak sangat mumpuni dalam menimba ilmu ataupun bekerja, akan tetapi banyak diantara mereka yang akhirnya terdampar di ITB lebih lama lagi gara2x sifatnya yang kocak2x dan jg terkadang pemalas. Banyak yang bisa dikenang dari segerombolan manusia yang dalam waktu minimal 2 tahun bersama untuk mendapatkan gelar S1 dari sebuah kampus yang katanya terbaik bangsa. 😕

Ada saat dimana para manusianya cuman dateng kuliah dikelas dan bengong gak ngerti yang diomongin dosen

Para manusia yang hobi nongkrong2x didepan teras gedung kerjasama PLN diantara waktu kuliah dengan bermain kartu, ngumpul2x ngobrol gak jelas, ketawa2x sampe sakit perut, nyela kawannya sendiri.

Para manusia yang ketika bergerombol didepan teras gedung kerjasama PLN ngecengin cewek2x TPB yang wajahnya cerah2x dan jauh dari jangkauan masing2x orang.

Para orang yang berani ngecengin dari jauh saja tanpa hasrat dan keberanian untuk berkenalan.

Para manusia yang dengan luar biasanya gak belajar sama skali dan malah merencanakan sebuah strategi tempat duduk sehingga ketika ujian bisa berhasil dengan sukses pada suatu kuliah.

Para manusia yang ada kalanya mendapat nilai E semuanya untuk satu deret meja.

Meskipun mendapat E, ketika mengulang kuliah yang sama adakalanya belajar bersama sampai larut malam atau bahkan tidak tidur untuk ujian esoknya. Menunjukan jatidiri sebenarnya dan berhasil melewati dengan baik.

Ingat sewaktu duduk dan menunggu dengan was2x giliran untuk mendapatkan semprotan dari Prof. Jhon.

Teringat wajah kohar yang sangat panik ketika dibentak2x oleh Prof. Jhon dan tampak putus asa tapi berakhir bahagia dengan mendapatkan nilai B. suatu nilai yang langka.

Teringat mendengar suara Prof. Jhon yang sangat kencang dengan si Dila bersamanya untuk waktu yang lama akan tetapi kembali berakhir bahagia karena cukup sekali menghadap beliau.

Teringat dengan sotoynya menjadi asisten lab adek kelas dan menanyakan banyak hal yang belom tentu sendirinya tau jawaban yang ditanya.

Teringat persiapan2x untuk acara ekskursi yang selalu diselingi banyak canda dan tawa.

Teringat tim kecil menikmati buffet di tomang.

Teringat ketika wisuda sebagian besar tidak didampingi oleh seorang wanita

Dan juga banyak banget keanehan2x yang kalo diinget2x kembali menjadi sangat lucu.

Empat tahun sudah lewat. Ya cuman empat tahun dan terkadang berasa cuman sebentar tapi kalau diingat2x tampak sudah sangat lama. Ada yang jadi engineer2x PLN ato anak perusahaannya, ada yang jadi engineer di perusahaan owner ato oil service, ada yang jadi engineer diperusahaan setengah BUMN, ada yang jadi engineer di perusahaan swasta, ada yang jadi engineer di negeri orang dan ada jg calon peneliti yang berusaha menyelesaikan Phd-nya.

Ternyata waktu cepat berlalu dan meninggalkan banyak kenangan yang membuat rasa kangen terhadap sejumlah manusia2x aneh dari arus kuat sebuah kampus di bandung angkatan 2002.:D

Advertisements

Biaya Hidup di Belanda

Kalau mempergunakan bahasa resmi: “Sehubungan dengan pembukaan bagi mereka yang berminat untuk melanjutkan kuliah S2 di luar negeri sudah dimulai dari akhir desember tahun lalu dan jg pengumuman mengenai hasil seleksi kemungkinan sudah keluar bagi mereka yang mendaftar sejak dini serta ditambah lagi pendaftaran beberapa beasiswa untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar nantinya, maka banyak diantara calon mahasiswa mencari-cari info mengenai bagaimana hidup dinegeri orang seperti Belanda. Beberapa ada yang menghitung2x kebutuhan hidup sehari-hari, housing, transport, buku dan jg telekomunikasi dan mungkin tiket pesawat terbang. Ini sesuatu yang lumrahwi dan wajarwi dilakukan bagi mereka yang ingin lanjut kuliah diluar.”

Kali ini saya akan me-list beberapa biaya hidup yang umum dilakukan atau dibeli oleh mahasiswa Indonesia. Tampilan biaya disini adalah untuk Belanda wabil khusus untuk Delft.

mari kita tengok:

Beras (20 kg) = 18.9 euro (di oriental)
Beras (4 kg)=4.4 euro (di polat)
Indomie berbagai merek (1dus) = 9 euro (di oriental)
Indomie sebungkus = 0.34 euro
Roti tawar (yang full) = 1.20 euro (albert hijn)
Keju (chedar) = 0.89 euro (aldi)
coklat tabur (ceres) = 1.75 euro (C1000)
margarine = 0.73 euro
selai coklat = 3.25 euro (C100 or AH)
Roti burger (4 biji) = 0.99 euro (AH)
Beef burger (4 buah) = 1 euro (AH)
Telur ayam (10 biji) = 1.46 euro (C1000)
telur ayam (30 biji) = 3 euro (Polat)
sawi = 1 euro (OzHalk)
Tempe = 1.25 euro (Polat)
Tahu = idem (Polat)
bawang = murah lah (1 euro beberapa biji)
daging ayam fillet = 4.xx euro per Kg (Polat or Ozhalk)
daging ayam kipkarbonade = 2.75 per Kg (polat or Ozhalk)
Ati ampela, hati ayam n jantung = 2.75 per Kg (polat or Ozhalk)
daging embe = 13.x euro per Kg (Polat or Ozhalk)
Daging sapi buat steak = 10-12 euro per Kg  (Polat or Ozhalk)
Daging sapi buat sayur = 5.9x per Kg (Polat or Ozhalk)
Daging sapi gilign = 4.xx (Polat or Ozhalk)
Berbagai bumbu masak dengan kisaran 1-4 euro
Bakso = bikin sendiri
Mie ayam = bikin sendiri
Donner kebab = 3.75 euro (Vatan)
Kapsalon = 4.5 euro (Vatan)
Makan dikantin = 3.4 euro kleine
Makan di Den Haag =10-20 euro
Sushi all u can eat = 19.7 euro (siang2x)

Housing = 290-480 perbulan buat yang short stay DUWO
Nonton bioskop=13 euroan
Naik bus terdekat=1.2 euro (strippenkart)
Naik tram terdekat=idem (strippenkart)
Naik kereta (contoh denhaag)= 1.3 euro
Telepon pra bayar = 10 euro, normal=30 euro perbulan
Telepon pasca bayar=30 euro (all u can call in holland)
Internet dirumah = gratis (Upto 50 Mbps or 6 Megabytes per secon)
Internet dikampus = gratis (Upto 80 Mbps or 10 Megabytes per secon)

Demikian tulisan diwaktu yang sangat luang saya..kalo sdikit tips n trik buat kul ada disini

A Walk to Remember

AnyerSiem

Entah kenapa selama 2 tahun 5 bulan belakangan ini saya terdampar disebuah organisasi yang cukup terkenal didunia. Itu semua karena saya satu kantor buat kerja bareng sama orang2x hebat yang punya karakteristik yang sangat bervariasi. Inilah mereka orang-orangnya.

Ada sebuah nama yang diberikan kepada tiga orang engineer disini, Three Phase Guys. Seperti yang diketahui oleh orang2x yang memiliki latar  belakang pendidikan teknik elektro terutama arus kuat bahwa sistem tiga fasa akan dilambangkan dengan RST. Dan The Three Phase Guys juga memiliki inisial RST yang kebetulan sama2x memiliki latar belakang arus kuat.

-Radison : Orang yang satu ini cukup unik. Sukunya batak tapi melankolis. Dari struktur tengkorak orang akan mengetahui dari golongan suku mana beliau ini berasal. Tapi dari marganya tidak banyak orang yang tahu. Mungkin salah satu marga yang sangat langka ditemui. Orangnya pintar, jago menganalisis, hobi menginspeksi teman-teman sekantornya terutama ketika mendekati akhir hayatnya mengabdi dikantor. Anti sosial, setiap kali akan mengadakan suatu acara dihari minggu tiba-tiba beliau menjadi orang yang sangat religius. Padahal belum tentu di minggu2x yang lain akan beribadah. Yang khas dari kepintaran anak yang satu ini adalah telatnya perintah otak untuk mengutarakan apa yang ada dibenaknya. Yang jelas ketika sedang diskusi dihadapan monitor bersama Three Phase yang lain dia akan menunjuk sesuatu dulu sambil menyebut nama rekannya, Co ato Fan ato Pran akan tetapi kalimat selanjutnya yang diharapkan tidak muncul2x. Begitulah ansinkron kerja otak untuk memerintahkan otot tangan sama otot lidah.

Sukoco: Bisa dibilang anak yang satu ini manusia yang berotak encer. Mukanya standar orang dari daerah middle java.  Bundar dengan rambut yang pendek2x. Sewaktu jam kerja dia akan selalu mencari-cari apa yang bisa dikerjakan. Jika sudah menemukan sesuatu untuk dikerjakan manusia yang satu ini bisa jadi autis didepan monitor dari pagi sampe malam, sudah tentu pada jam makan siang dan shalat dia akan beranjak dari tempatnya. Tipe orang yang tidak menyukai ketika kawannya menguap atau teurap. Sewaktu kawannya menguap ketika dia  memberikan suatu penjelasan pasti dia akan kecewa dan memberikan suatu dalil jika orang yang sedang diberikan penjelasan menguap maka topik yang disampaikan tidak menarik buat orang tersebut. Sedangkan jika ada kawannya teurap maka akan mengkritik habis orang tersebut dan menuntut agar orang tersebut menyesal. Hal ini tidak berlaku jika yang melakukan Pak Ory. Tidak berani kritik ke beliau si koco ini :D.Meskipun berotak encer tapi manusia yang satu ini suka aneh dan melakukan suatu monolog yang seharusnya dilakukan oleh dua orang untuk terjadi dialog. Sebagai contoh sewaktu Radison datang menghampiri untuk melakukan inspeksi bapak yang satu ini akan ngomong sendiri:

“Lagi apa co?”

“Ini son, ini kan begini ini kan begitu”

“Oh gitu co?”

“Iya son.”

tampak suatu dialog, tapi ternyata ini semua keluar dari mulut seorang peternak sapi terpopuler di purwokerto ini.

-Tofan: Sudah jelas orang yang satu ini tinggi, tampan, rupawan, baik hati, tidak sombong, gemar menabung, gemar menolong sesama, tidak banyak berbicara yang tidak penting dan juga banyak menolong orang. Bahkan ketika anak yang satu ini lagi berjalan-jalan dengan temannya dipinggir suatu jalan, dia dengan rela dan spontan akan menanggalkan segala yang melekat didirinya seperti tas laptop yang berat hanya untuk menyebrangkan suatu kucing kecil, mungil, lucu dan tidak berdaya. Ketika melihat kawannya sedang kesulitan akan segera menolongnya. Dengan pesona ketampanan yang melekat pada dirinya dia banyak digandrungi dan diidolakan species yang disebut homo sapiens dari gender female.

-Ivan : Satu dari dua orang yang penting pada suatu projek di kantor. Dia akan selalu ada pekerjaan pada awal projek, tengah projek dan bahkan ketika projek sudah berakhir pun tetap ada aja yang dikerjakan. Orang yang satu ini menyenangkan. Pernah radison berkata, dateng dan duduk aja disamping bapak yang satu ini, maka kita akan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dari beliau. Ringan tangan dan jg dengan senang hati akan berbagi ilmu. Meskipun tampak pendiem sebenernya enggak juga. Yang pasti orang yang satu ini sering banget tersenyum. Dan yang khas dari bapak yang satu ini ketika ada seorang koleganya datang mendekati beliau maka dia akan berkata: “Iya booss? apa kabar boooss?” terus ketawa cekikian kecil diakhir perkataan itu.

-Ito : Makhluk yang satu ini bisa dibilang debt collector buat time sheet. Setiap mendekati akhir bulan pasti akan muncul email disetiap manusia yang ada dikantor yang mengingatkan kewajiban masing2x. Orang yang satu ini tipikal ekonom sejati. Manusia yang memiliki pendapat bahwa hidup itu dinikmati, setiap uang yang kita keluarkan justru memajukan perekonomian. Hal ini ditunjukan dengan memakan-makanan yang dianggap mewah oleh The Three Phase Guys. Selain itu, ito adalah orang yang kadang-kadang autis kalo kupingnya dah disumpel, GAOOLLL, suka nyela temennya, pintar dan juga sering diskusi dengan teman-temannya yang lain. Meskipun salah seorang yang rajin berolahraga, tapi sayang sekali akhir2x ini gak pernah ikut buat maen futsal. Dari pembicaraannya tampak jago dalam bermain bola, tapi setiap kali diajak sayang sekali akan menolak dan pulang cepet. Salah seorang penggemar berat MU dan sudah tentu akan menjadi bulan-bulanan penggemar bola yang lain sewaktu MU kalah bertanding. Orang yang satu ini juga mirip sama si ivan. Dia akan berbicara secara otomatis sewaktu kita mendekatinya. Diskusi pun akan mengalir sendiri. Orangnya pintar dalam berkata-kata dan ilmu non tekniknya jg macem-macem. Tapi sayang sekali meskipun demikian volume suaranya terlalu kecil secara default.

-Eta: inilah paketan dari si ito tapi versi ceweknya. Suka curhat tiba-tiba mengenai para penggemarnya selama dia berada diperjalanan berangkat ato pulang ngantor. Tapi tetep punya tata krama layaknya orang-orang kraton: “Fan gw pengen curhat nih” yang dilanjutkan satu atau dua kalimat yang meluncur lancar. Setelah selesai kalimat terakhir akan ditutup “udah fan” dan kembali kepekerjaan masing-masing.   Curhat yang ndak begitu penting sebenernya.hehehe. Salah seorang yang bisa dibilang meramaikan suasana kantor. Seia sekata dengan margarito, anak yang satu ini juga jago ngomong dan juga sering terlihat terlibat suatu diskusi yang sangat serius dengan rekan disebelahnya itu. Salah seorang yang memiliki tingkat kesibukan yang luar biasa dikantor sementara rekan engineer didepannya hanya bisa memperhatikan dengan bangga akan perbedaan workload yang fantastis dengan dia. Selain pinter dalam diskusi beliau, dan juga ito, merupakan penebeng sejati. Jika sudah menjelang sore ibu yang satu ini pasti akan sms “abang” mengenai status dia sebagai penebeng. Jika hasilnya positif pasti langsung memamerkan status dia kepada engineer didepannya. Jika negatif langsung curhat mengenai nasibnya yang sedang malang itu. Orang yang satu ini ngomong sama ngelesnya jago banget. Kalo seandainya dicela sebaiknya menerima dengan lapang dada dan tidak perlu mencounter. Hal ini dikarenakan pasti ada aja balesan yang muncul dan kemungkinan besar lebih kejam. Saya dan radison sepakat akan mengambil jalan aman yaitu diam saja dan menerima dengan lapang dada sewaktu ada sindiran ato celaan. 😀

-Tante dian : Entah kenapa bisa disebut tante. Orangnya juga kocak, ramah, suka ngebawa makanan yang dari rumah. Salah seorang maskot kantor. Jika memesan sesuatu makanan yang dikirim ke Nurdin, pakai saja nama ibu ini dan pasti mendapatkan prioritas. Bahkan jika ibu yang satu ini menebeng untuk makan bersama-sama dimobil pak ory, jika pak satpam melihat kehadiran ibu ini dimobil, maka satpam tersebut urung untuk melakukan pemeriksaan. Paling menyenangkan sewaktu makan adalah duduk deket ibu yang satu ini. Karena peluang bahwa kita akan mendapatkan tambahan ransum berupa nasi cukup besar. Kalau sudah mendekati makan siang dan perut udah keroncongan, dekat-dekatlah dengan ibu yang satu ini. Ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan nasi tambahan secara free. Dia akan melihat ke orang yang ada disekelilingnya dan akan menawarkan separuh dari jatah nasi dia. Alhamdulillah kalo kita ada mendapatkan lelang nasi tersebut. Persaingan terberat yang biasa menerima adalah sukoco sama prana. Selain itu dia juga mirip ivan sewaktu didekati. Pasti akan menanyakan: “Iyaaaaa…Kenapaaaaa tofan/sukoco/prana?” dengan nada yang sangat khas. Ke-khasan lain adalah sewaktu beliau telepon dan ketawa cekikikan. Kikikikiki..Inilah bahan yang sering jadi pemicu gelak tawa dari blok pojok.

-CY : Dia adalah salah seorang sahabat karib margareta. Pasti ada aja yang jadi ledekan si eta ke ibu yang satu ini. Anaknya baik, ramah dan juga suka narsis. Akhir-akhir ini ibu yang satu ini sering menanyakan kesamaan dirinya dengan manohara keteman-teman yang lain dan akhirnya menambah dengan sebutan mano. Selain itu ibu yang satu ini juga memiliki mimik wajah yang sangat ekspresif. Yang paling khas adalah alis matanya yang akan naik jika mendengarkan secara tidak sengaja terhadap suatu topik tertentu. Mirip dengan desta, Diet adalah usaha yang sudah banyak dilakukan. Akan tetapi jika ada makanan datang dari seseorang yang baru datang dari bisnis trip kemungkinan tempatnya akan direlokasi kemejanya dari meja yang biasa dijadikan tempat menaruh makanan tersebut. Swaktu makan dikantin atau dimanapun sangat minim peluang untuk mendapatkan tambahan nutrisi dari ibu ini. Hal ini dikarenakan makanan yang biasa dimakan ibu yang satu ini super pedas. Jadi meskipun mendapatkan tawaran dari beliau akan sangat merana bagi lidah kita. Sewaktu makan sop pasti sambalnya sampe dua piring kecil. Ntah apakah indera perasa pedas yang ada dilidahnya masih berfungsi atau enggak. Yang pasti kesukaannya terhadap masakan pedas sangat hebat. Mungkin cemilan ibu yang satu ini sewaktu menonton film adalah cabe rawit dimana sewaktu yang lain akan memakan pop corn.

-Desta: Nah inilah makhluk kesayangannya si margaretha selain si CY. Kira-kira sama saja kasih sayang yang ditunjukan eta ke CY dan ke desta. Selain itu bapak yang satu ini punya segudang ilmu pengetahuan yang mungkin kita tanyakan. Mulai dari tempat makan, jalur menuju kesuatu tempat, fashion, movie bahkan programing. Bapak yang satu ini juga sangat royal dalam menjelaskan sesuatu. Kalau ingin cepat mengetahui sintaks suatu bahasa pemrograman dan males mencari via mbah google tinggal tanya saja ke beliau. Berbagai bahasa pemrograman sampai saat ini yang saya ketahui terdapat dikepalanya. Hal yang khas dari bapak yang satu ini adalah masalah diet. Sudah banyak program diet yang dilakukan akan tetapi godaan makanan sangat luar biasa sehingga tidak akan tahan untuk tidak ngemil oleh-oleh yang dibawa kawannya kalau pulang dari bisnis trip. Suatu hal yang kontras antara niat diet dan bakat akan kecintaannya terhadap makanan. Jika Tante Dian menawarkan suatu makanan ke blok pojok pasti beliau akan menengok apa yang sedang terjadi. Selain itu bapak yang satu ini juga sangat update mengenai hidupnya di facebook. Jika ingin mengetahui apa yang sedang dilakukan, dipikirkan atau berada dimana bapak yang satu ini silakan saja dicek status beliau di Facebook. Peluang untuk menjawab pertanyaan kita mengenai beliau cukup besar.

-Pak Ory : Pak ory ini merupakan salah satu orang yang paling ramah di seantro suwarna. Selain itu orangnya juga kocak, baik (menganter para penebeng keberbagai titik dijakarta), jago dalam system administrasi dan jago juga maen bolanya. Kalau sudah maen futsal dan gak ada yang jagain orang yang satu ini, peluang akan terjadi gol bisa mencapai 85%. Satu-satunya orang yang bisa menjaga beliau hanyalah si tofan. Kalau sudah dijaga sudah dipastikan peluang terjadinya gol dari kaki beliau akan turun sampai hanya 10% saja.hehehe. Bapak yang satu ini juga bisa dikatakan sebagai salah seorang yang meramaikan kantor. Sewaktu si eta sudah memulai suatu celaan terhadap salah seorang yang lain ataupun suatu diskusi serius yang dilancarkan dari si ito pasti akan mendapatkan bumbu2x penyedap yang menyegarkan dari bapak ini. Terkadang celetuk2xannya yang bikin orang ngakak sewaktu mendengarnya. Selain itu bapak yang satu ini kemungkinan besar ngefans berat sama yang namanya budianduk. Hal ini dikarenakan sering sekali mengeluarkan suara tawa khas budi anduk dan juga salah seorang yang memanggil tante dian dengan sebutan BUD kepada tante dian dengan kepanjangannya adalah bu dian + Cstr(duk). Hal yang pasti sewaktu makan dikantin kaki lima adalah dengan minum jus sirsak ketika  kawan-kawannya yang lain sebagian besar puas dengan minuman teh tawar hangat atau kalau bisa air putih (yang gratisan). Benar-benar siemens arbaiten sejati.

-Mukhlis: Ada beberapa hal yang menarik sama bapak yang satu ini: hobi bekerja, hobi maen bola, hobi bulu tangkis dan hobi maen aoe2. Nah kalo hobi yang terakhir ini dikarenakan memiliki rival yang sangat tangguh. Dengan track record pertandingan selama ini beliau mengantungi rekor kira-kira 97,5% kalah. Akan tetapi ketiga hobinya yang lain harus diakui sangat jempolan. Kalau sedang tidak ada sesuatu yang dikerjakan beliau akan berusaha untuk mencari sesuatu yang baru untuk dipelajari. Hal ini menyebabkan beliau suka lupa waktu dan akhirnya beberapa teman sepakat untuk memberikan kesimpulan bahwa bapak yang satu ini sudah tidak hobi makan :D. Selain itu kalau kita ingin mendapatkan suatu informasi tentang sesuatu beliau akan dengan senang hati meluangkan waktunya untuk memberikan suatu penjelasan yang sangat panjang dan sangat lebar. Akan tetapi setelah selesai mendapatkan wejangan tersebut, dijamin peningkatan ilmu pengetahuan kita akan meningkat tajam dari sebelumnya. Tapi diluar itu semua makhluk yang satu ini juga sangat ramah, baik, Siemeners sejati (minum selalu disisakan), banyak mengatakan “katakanlah” (sudah berkurang) dan sedikit lucu. Sedikit lucu karena seringkali melucu pada saat yang tidak tepat. Selain itu konten lawakannya kadang-kadang kabur dan susah dicerna sehingga seringkali gagal dalam lawakannya.:D

-Pak Ahmad: Pak amma kalo menurut saya adalah seorang engineer yang jago menulis. Atau juga seorang penulis yang ngerti teknik. Yang pasti tulisan2x beliau selalu mengalir dan enak dibaca. Menurut saya jika sudah tertarik dengan suatu topik, bapak yang satu ini jadi mengetahui segala hal yang berhubungan dengan topik tersebut dan biasanya orang lain tidak akan menduga atau memikirkannya. Salah seorang pendukung JK sejati dan salah seorang tim sukses JK di Suwarna. Orangnya baik, ramah, pintar dan juga suka menjuluki orang lain dengan kejadian yang marak direpublik kita ini. Salah satu julukan yang disematkan kepada kawan2xnya adalah ibrohim, nur hasbi ataupun nurdin m top kepada teman ataupun pemilik bakso nurdin.

-Evelyn : Dia termasuk top 5 beautiful ladies in Siemens Suwarna (dari 4 orang ladies tentunya). Manusia super kritis, super pinter, suka senyum dan tertawa, ramah dan super lama kalau makan. Kayaknya setiap suap akan mendapatkan jatah kunyahan ideal sebanyak 32 kali. Akan tetapi meskpipun demikian patut dipertanyakan efisiensi sistem pencernaan beliau. Kemanakah larinya hasil pencernaan tersebut? Atau mungkin semua energi yang dihasilkan dari proses pencernaan tersebut 75% akan dipergunakan oleh otak, 5% untuk gerak otot otomik dan 15% untuk gerak otot motorik dan sisanya yang disimpan sebagai cadangan energi berupa lemak. Ada beberapa istilah yang saya diskusikan dengan radison.  Saking encernya otak ibu yang satu ini, kemungkinan kalau sedang berjalan akan terdengar suara otaknya yang encer tersebut dari luar..hehehe. Selain itu jika sedang berdiskusi atau cerita2x sambil berdiri maka dia akan bergerak kekiri dan kekanan :D. Satu hal yang pasti, customer yang mendapatkan training dari kantor pasti akan lebih senang dan antusias ketika yang memberikan training adalah ibu yang satu ini ketimbang saya sendiri..:D

-Pak Fredy: Banyak yang bisa dipelajari sewaktu bekerja bersama beliau. Bagaimana berurusan dengan customer yang banyak keinginannya adalah salah satu yang utama. Perfeksionis adalah salah satu hal yang khas dari beliau yang bisa ngejadiin segala sesuatu yang harus dikerjakan atau dituju  menjadi jelas bagi subordinatnya. Sewaktu berdiskusi mengenai suatu hal akan menjadi sangat jelas setelah dijelaskan. Hal ini dikarenakan informasi yang dijabarkan ataupun disampaikan berasal dari hal yang fundamental dan berlanjut kehal-hal yang lebih detail dan praktis.

-Zainal: Bapak ini adalah salah seorang yang “tampak” sedang belajar atau mengerjakan sesuatu kalau seandainya kita melihat dia sedang dihadapan laptop. Gesture yang ditampakan oleh dirinya tampak sedang serius terhadap sesuatu yang ditampilkan dilaptop dihadapannya. Akan tetapi hal itu tidak bisa kita simpulkan sampai akhirnya kita melihat dengan kepala sendiri apa yang ada dilaptop tersebut yaitu, self study, browsing ato working :D. Orang yang sangat antusias kalau ada wacana untuk bermain futsal. Tenaganya tampak tidak habis-habis meskipun dah lari2x menguasai lapangan futsal dalam sejam. Hal yang khas dari dia adalah ketawanya yang menurut saya cukup khas. Selain itu ciri khas bapak yang satu ini dalam berbusana. Apapun kemeja atau kaos yang dipakai, selalu dilapisi oleh yang namanya jaket warna hijau. Mungkin moto hidup yang dipakai oleh beliau adalah: apapun yang terjadi, meskipun matahari diluar sedang sangat ganas panasnya, jaket ini harus tetap dipakai. 😀

-Sari:salah seorang wanita yang cukup langka dalam bidang pekerjaan engineering. Wanita yang satu ini sangat khas dengan kepanikannya yang terkadang membuatnya menjadi lucu :D. Orangnya cukup ramah dan juga khas dalam berbicara. Jika sedang berbicara maka akan selalu diselipi dengan tawanya yang cukup has. Orangnya simple, ramah, gemar tertawa dan tampak serius.

-Prana: ketinggian orang yang satu ini kira2x mirip sama si tofan..tapi kalo dari segi ketampanan mungkin agak sdikit dibelakang yang namanya tofan..orangnya pinter,rajin belajar buat yang baru dari masalah2x yang ada dikerjaan(stidaknya dari hobi dia ikut2xan ber-teposeliro dalam kepusingan orang lain dalam menghadapi kerjaan) ..Smuanya..bisa lintas job desk..kalo dalam main futsal posisi yang digeluti dan dititi untuk berkarier disepak bola adalah kiper..berhubung jangkauan tangannya yang panjang karena “panjang tangan” dan kakinya yang juga panjang maka dengan hanya berdiri dan merentangkan tangan sudah menutupi sebagian besar mulut gawang dan menjadikan beliau ini “tampak” jago sewaktu menjadi kiper..nah kalo ciri has sehari-hari sangat banyak yang bisa dilihat dan diamati, tapi sayang ada beberapa ciri khas yang sudah mulai hilang dan bahkan punah dari dirinya.. hal ini dikarenakan sering ditanyain sama si sukoco mengenai ciri khas tersebut ataupun di-mimikri oleh the three phase guys..ada beberapa hal yang masih tak ingat dan mungkin beberapa hal tersebut hanya diketahui oleh Three Phase Guys yang lain.: “gak bisa gitu dong”, “ya gak sih?” ataupun pergerakan tangan di atas keyboard sewaktu memberikan penjelasan sesuatu ke temannya. sebenernya ada satu lagi yang lain..yang merupakan contoh dari ciri khas beliau yang sudah punah..tapi sayang sekali agak2x lupa..:(

Pak Tatang: kalau menurut saya bapak ini merupakan orang yang sangat ramah seperti halnya dengan bapak2x lain dari trio macan (maung bandung). Kalau seandainya ada engineer baru yang dikirim ke site untuk pertama kalinya, bersiap2xlah untuk mencari tempat makan yang enak dan “mahal”. karena berdasarkan tradisi maka setiap orang yang baru datang akan mendapatkan makan siang gratis sebagai “welcome meal”. orangnya selain itu jg lucu, terutama sewaktu disatukan dengan temannya yang lain, senang menolong dan juga suka “tidak enakan” menurut saya.

-Pak Hayat:saya mengagumi beliau lebih karena kualitas suaranya yang bisa dikatakan sama dengan Bams samson. kalo lagi kerja bareng disuatu ruangan maka kita bisa mengharapkan suatu senandung2x lirih yang sayup2x terdengar dan kemudian semakin jelas sewaktu masuk pada bagian vibra pada liriknya..vibranya sangat luar biasa sehingga sewaktu orang mendengarnya akan terbayang Bams yang sesungguhnya. selain kemampuannya dalam olah vokal, bapak yang satu ini jg sama kocaknya kayak Pak Tatang..dan ciri khas beliau adalah dari ketawanya yang juga khas dengan amplitudo ketawa yang tinggi diawal tapi langsung sangat terendam dan menjadikannya suatu tertawaan yang singkat..orangnya jg baik, ramah, senang membantu temannya dalam berbagai hal..kalau diminta tolong untuk mengerjakan sesuatu yang loadnya cukup banyak maka beliau akan membantu dengan senang hati..selain itu yang pasti blm pernah liat beliau marah..yang paling penting adalah mendapatkan banyak ilmu mengenai suatu topik untuk persiapan kita yang bujang dimasa depan..hal ini bisa terjadi kalau misalkan kita harus kerja bareng yang menghabiskan waktu bersama seperti jaga 24 jam di jawa tengah dl..:D selain itu beliau adalah salah satu stiker kawakan yang dimiliki oleh Soewarna FC. Insting untuk menciptakan goal bapak yang satu ini luar biasa..keberadaan posisi dan waktu beliau dilapangan sangat hebat seperti halnya Inzxaghi..yang pasti, kemampuan dan bakat ini tidak saja untuk gawang lawan..tetapi bisa jg untuk gawang sendiri..

-Pak Inok:kalau orang yang satu ini jg merupakan striker Soewarna FC..ambisinya sangat luar biasa dalam mencetak goal..target beliau kira2x bisa mencapai 100 goal stiap pertandingan..hal ini mungkin saja terjadi dengan satu syarat: tidak kehabisan tenaga setelah bermain 5 menit.  Selain sbagai triker yang hebat, beliau jg merupakan salah satu kolega yang lucu..dengan logat khasnya yang kadang2x keluar. Sewaktu bekerja dengannya cukup santai. suka mentraktir engineer2x yang berkunjung ke site dimana beliau berkuasa. dari bapak yang satu ini jg bisa belajar mendapatkan segala macam tipe dan keinginan customer. Kritis dan juga kocak. Teman menebeng saya dengan pak ory. Logat suaranya jg sangat khas. seperti halnya logat orang dari Indonesia bagian tengah. Selain dalam hal kerjaan, hobi yang sangat digelutinya adalah bermain PS dengan tim kesayangannya barca. awalnya kalau hanya sebagai penonton bapak yang satu ini tampak jago. setelah bermain pun ternyata “cukup” jago. tapi rasa ingin tahunya luar biasa yang menyebabkan jika beliau kalah dalam suatu permainan maka peluang untuk kita diminta rematch cukup dan sangat besar sampai beliau bisa menang. Jika tidak menang, kemungkinan pikiran tersebut bisa terbawa kerumah dan ada kemungkinan juga terbawa mimpi..:D

-Pak Budi: Pak budi dan salah seorang kawan akrabnya jarang terlihat dikantor. orangnya ramah dan juga sangat rapih dalam berpakaian. Jika sekilas melihat beliau maka ada kemungkinan terlintas dalam pikiran bahwa beliau adalah salah seorang dari oknum BIN.  Gemar menawarkan bantuan kepada rekan kerjanya jika beban kerja kawannya sedang cukup tinggi. Selain itu ke-khasannya adalah dalam berbicara, intonasi kalimat yang meluncur deras dari beliau cukup datar dan tidak menunjukan emosi tertentu. jadi lawan bicara harus jeli apakah konten pembicaraan sedang serius atau sedang menyampaikan suatu lelucon..:D Ciri khas dari urang2x sunda ini adalah keramahannya dalam berbincang dan juga siftat mereka yang gemar menawarkan bantuan dan juga tidak pernah melihat beliau marah..Rekan kerja dan kawan yang menyenangkan..:D

-Pak Dedi: Pak dedi ini adalah paketan dari pak budi. dimana ada pak dedi disana anda bisa menemukan pak budi dan juga sebaliknya. Selain ciri2x umum urang sunda diatas, beliau memiliki tones suara yang khas. tampak serius tetapi ramah jika melihatnya dari jauh. Tapi ternyata cukup kocak juga orangnya. Meskipun waktu interaksi cukup sedikit, tapi beliau cukup mirip dengan pak hayat dalam menularkan segala macam ilmu tentang hidup dari masa remaja sampai masa dewasa..:D Kalau sudah berdiskusi dengan beliau, maka berbagai macam info bisa masuk kepada kita. selain itu dalam bidang pekerjaan orangnya senang pada pekerjaannya dan senang menawarkan bantuan. Jika ke-empat orang ini sudah berdiskusi, maka bahasa yang dipergunakan sudah mulai dienkripsi menggunakan bahasa sunda sehingga tidak sembarangan orang mengerti. yang pasti kalau sudah bersama mereka tampak sangat akrab  dengan lelucon2x khas dewasa mereka..hehehe..

-Topan: meskipun namanya mirip akan tetapi dari segi ketampanan tidak begitu mirip dengan tofan. Seorang yang sangat melankolis dan senang mendendangkan lagu. segala macam lagu yang keluar dari mulutnya merupakan suara jeritan hati yang ada didalamnya. Jika ingin mengetahui apa yang sedang dialami oleh beliau, dengarkanlah lagu yang sedang didendangkan lalu perhatikan liriknya. 😀 Salah seorang bikers sejati yang setia dalam menunggu kawan seperjalanannya. Meskipun tunggangannya tidak se-“MACHO” Vixion, tapi kelihaiannya dalam berkendara gak diragukan lagi. Kalau sudah dijalan sempit sangat sulit untuk membalap beliau. Orang yang satu ini juga rajin bekerja, senang berdiskusi dan juga curhat tentang kehidupan romantismenya..:D Yang patut diakui adalah keahlian beliau dalam bermain PS jika sedang bermain diluar kantor. Kalau saya boleh berpendapat, bapak yang satu ini merupakan salah seorang master dalam hal yang satu ini.

Hemm. 2 tahun lima bulan merupakan waktu yang ternyata cukup cepat. Disuatu saat merupakan awal dari kehidupan dalam organisasi ini dan dilain waktu merupakan akhir. Akan tetapi meskipun waktu berljalan cepat diantara kedua titik tersebut, banyak hal yang bisa diingat sepanjang waktu. Dengan segala macam keunikan masing2x individu dan juga keakraban yang ditimbulkan diluar waktu kerja, secara tidak sadar sebenarnya sudah mendekatkan satu dengan yang lainnya dan akan menjadikan suatu kehilangan jika seseorang keluar dari lingkungan tersebut. Salah satu waktu yang berhaga dimana bisa mendapatkan banyak pengalaman dalam hal teknis, dalam hal berhubungan dengan customer dan juga dalam hal kehidupan sehari2x.. That is one path for some one can walk through it. That is a walk to remember for me..:D

-now back to reality, study study study..:(-

My MsC Program

Menurut saya ada tiga alasan besar kenapa orang ingin melanjutkan kuliahnya diluar negeri, dalam kasus saya ke eropa, yaitu ingin meningkatkan kapasitas diri dalam bidang yang ditekuni sehingga meningkatkan peluang dari segi karir, ingin beristirahat sejenak dari rutinitas kerjaan dan kembali sibuk dengan rutinitas kuliah(atau bisa juga keluar dari kerjaan skarang) dan terakhir adalah ingin jalan2x dieropa :D. Inilah alasan2x gw ingin melanjutkan kuliah master saya. Bisa dilihat disini untuk lebih jauh.

Kuliah diluar negeri sistemnya menurut gw tetep sama aja kayak disini. Ada yang dua intake pertahun atau hanya setahun sekali. Yang dibicarakan disini adalah untuk winter semester yang akan dimulai pada akhir bulan agustus atau awal bulan september. Untuk intake pada semester winter ini pendaftaran sudah mulai dibuka dari akhir tahun sebelumnya. Misalkan untuk kuliah yang dimulai akhir agustus 2009 pendaftaran akan dimulai akhir tahun sebelumnya. Deadline untuk penyerahan dokumen juga berbeda-beda untuk setiap kampus. Tapi ada baiknya melihat syarat2x pada tahun sebelumnya. Kemungkinan tidak terlalu banyak perbedaan mengenai syarat-syaratnya. Untuk idealnya dokumen-dokumen sudah dipersiapkan mendekati bulan september-desember. (untuk TU Delft deadline adalah april 2009 dan mulai dibuka dari 1 Desember 2008).

Sekarang saya ingin menuliskan mengenai pengalaman saya dalam mencari kampus yang ingin saya tuju. Mungkin bisa dijadikan tips atau trik untuk tujuan studi kita.

Hal yang pertama kali adalah tentukan kita ingin melanjutkan studi dibidang apa? Apakah sama atau berbeda dengan bidang studi S1 kita. Jika sudah, carilah kampus-kampus yang memiliki jurusan yang membuka program studi yang kita tuju. Cari saja kampus-kampus terbaik pada bidang yang kita tuju. Untuk mengetahui peringkat-peringkat kampus terbaik ada sebuah lembaga yang banyak diakui yaitu, THES. Persentase terbesar yang dijadikan dasar oleh THES ini adalah interview dari orang yang kompeten dibidang tersebut ataupun juga dari para employer. Ini artinya jika suatu kampus yang memiliki peringkat tinggi di THES akan menjadikan kampus tersebut menjadi kampus yang diinginkan oleh employer untuk mempekerjakan lulusan kampus tersebut pada perusahaan mereka. Dengan kata lain peluang untuk mendapatkan pekerjaan juga meningkat (Myself opinion).

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan semua persyaratan untuk melamar kepada sekumpulan kampus2x target kita. Jika sudah semua, sebaiknya ditandai kampus mana yang mustahil untuk kita lamar. Sebaiknya memberikan prioritas untuk kampus yang memenuhi persyaratan kita. Ataupun jika kita menginginkan suatu kampus tapi syaratnya, misalkan memakai bahasa lokal sebagai bahasa pengantar, bisa ditanyakan apakah ada kemungkinan jika belum bisa bahasa tersebut mendaftar atau tidak. Kumpulkanlah semua persyaratan-persyaratan tersebut sehingga bisa mempermudah dalam pengecekan kelengkapan dokumen.

Ada beberapa persyaratan yang umum dan menurut saya harus dipersiapkan jauh2x hari yaitu: TOEFL, GRE, GMAT atau segala macam tes-tes potensi akademik yang lain. Akan tetapi TOEFL ataupun IELTS merupakan syarat yang pasti ada. Oleh karena itulah kita mempersiapkan untuk mengikuti TOEFL atau IELTS sehingga dapat memenuhi syarat yang diminta oleh kampus. Untuk tes TOEFL yang umum diakui adalah tes yang diadakan oleh ETS. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil tes-tes diatas cukup lama dan oleh karena itulah persiapan untuk tes ini harus jauh2x hari. Perlu dicatat jangan terlalu jauh karena waktu berlaku yang umum disyaratkan adalah tanggal tes tidak lebih dari 2 tahun kebelakang.

Persiapan lain adalah motivation letter. Jika sudah mengetahui keinginan kita, maka kita tinggal menuliskan apa yang ada dibenak kita tersebut menjadi sebuah motivation letter.  Motivation letter yang saya buat diawali dengan sapaan kepada orang yang akan membaca motivation letter kita (bisa dengan Dear Sir/Madam) lalu diikuti memperkenalkan diri kita sendiri. Kemudian pada paragraph2x selanjutnya disesuaikan dengan persyaratan yang diminta kampus. Umumnya yang diminta adalah mengapa kita mau melanjutkan studi S2? Mengapa di Eropa? Mengapa di Belanda/Jerman/Inggris/Perancis?Mengapa di TU Delft/TU Muenchen? Kemudian diakhiri dengan harapan kita jika diterima dikampus tersebut dan sapaan penutup dengan ucapan terima kasih kepada pembaca. Ini adalah motivation letter yang secara umum diminta oleh kampus. Disinilah yang menurut saya menjadikan salah satu kunci keberhasilan kita untuk diterima dikampus tersebut.

Kunci keberhasilan lain yang tak kalah penting dan menurut saya sangat penting adalah surat referensi atau surat rekomendasi. Jika kita dapat surat referensi atau rekomendasi yang sakti (misalkan dari profesor kita yang terkenal dibidang yang kita tuju) maka kemungkinan kita diterima cukup menjanjikan. Akan tetapi bukan berarti mendapatkan surat rekomendasi sakti tersebut adalah perkara gampang. Karena jika mereka memberikan surat rekomendasi terhadap seseorang itu berarti memberikan kepercayaan terhadap kampus yang dituju tentang orang yang melamar tersebut. Jadi tidak sembarangan pak prof akan memberikan surat itu. Cara lain adalah mendapatkan dari dosen pembimbing kita ataupun ketua departemen jurusan kita. Jika berasal dari kampus yang cukup terkenal, misalkan ITB atau UI, kemungkinan mereka sudah mengetahui reputasi kampus tersebut dan sudah cukup untuk mendapatkan LoA.

Essay mengenai paper yang pernah dibaca ataupun tulisan mengenai rencana riset kita nanti sewaktu studi juga mungkin merupakan salah satu syarat dari suatu kampus. Seperti motivation letter, buatlah essay yang baik, mudah dimengerti dan jelas dalam tujuan dan isinya.

Sekarang jika semua dokume sudah terkumpul semua dan pembukaan sudah dimulai, maka daftarlah secara online. Setelah daftar online kita akan diminta untuk mengirim dokumen kita dalam bentuk hardcopy. Pastikan sudah lengkap semua dan salah satu perusahaan ekspedisi yang menjadi rekomendasi saya adalah DHL. Pengiriman ke eropa 3 hari kerja persis. Biaya yang dikeluarkan cukup mahal, untuk belanda sekitar 28 euro, skandinavia lebih mahal lagi bisa sampai hampir 60 euro. Akan tetapi jika tujuannya adalah kampus ada potongan dari DHL skitar 30%. Lumayan :D.

Pengiriman sudah selesai dan berarti tinggal menunggu pengumuman.

Hal yang sama pentingnya adalah pembiayaan. Jika self finance dan mampu tidak jadi masalah, akan tetapi kalau tidak punya duit maka beasiswa adalah satu2xnya andalan kita. Pencarian dan pendaftaran beasiswa sama pentingnya dan menurut saya sebaiknya paralel dengan pendaftaran kampus. Jika kita cukup pintar (cum laude) maka ada kemungkinan dapat tawaran beasiswa dari fakultas. Kalau pas-pasan kita haru melamar2x ke lembaga pemberi beasiswa. Ada keuntungan jika kita melamar kampus diawal pembukaan. Keuntungannya yaitu pengumuman akan lebih cepat. Jika kita diterima, LoA (Letter of Acceptance) dapat dipergunakan untuk meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa kita. Ataupun bisa jadi LoA merupakan salah satu syarat dalam mendapatkan suatu beasiswa. Saran saya adalah segeralah mendaftar dan mengirim dokumen pada awal pembukaan. Selain kursi yang disediakan masih banyak juga menyediakan waktu bagi kita untuk melamar beasiswa.

Terakhir jika semua sudah dilakukan kita tinggal berdoa, banyak-banyak berbuat baik kepada orang lain supaya didoakan dan juga perbanyak ibadah :D. Minta doa kepada orang tua, kakak, adik, kakek, nenek, tante ataupun om kita. Insya Allah kalau niat kita baik untuk melanjutkan studi dikabulkan sama yang diatas.

Akhrinya pengumuman telah keluar. Ikuti prosedur-prosedur yang diperintahkan kampus serta beasiswa, jangan menunda-nunda pembuatan dokumen yang diperlukan dan terakhir persiapkan semua kebutuhan logistik. Cari info-info dari teman-teman disana mengenai penginapan, cuaca, makan, kerja part time, kebudayaan, gaya hidup, suasana belajar dan sebagainya. Yang pasti kebudayaan mereka berbeda dengan kebudayaan kita dan juga demikian dengan iklim studi. Persiapkan mental dan segalanya. Jika visa sudah jadi, logistik sudah siap, tiket sudah ditangan, jalan-jalan lah di indonesia. Kuliner dan kunjungi keluarga serta teman-teman. Cari makanan yang paling disukai kemudian buat foto2x tentang makanan itu dan nikmati dan hayati makanan tersebut. Belum tentu dalam setahun kita akan makan makanan itu lagi. Ok itu saja. Gut lak.

DjakTheat Gathering

Oke, at this time i will write a brief writing about our second gathering of my childhood friend from 27 elementary school.  There were 12 persons who came to the gathering. We ate dinner at Pizza Hut Restaurant “on behalf” of Ika`s birthday party :D.

So, this is the restaurant where we ate. There were 8 boys and 4 girls that night. We order 4 sensasi delight (dun know the writing :D), 1 large american favorite, and 12 glasses of coca-cola. I thought all of the bill will be charge to our beloved friend who just getting older. But i was wrong. So after the dinner had been served and we ate the servings, we got the bill and directly gave the bill to Ika and asked her to pay all of the bill. How cruel we were hehehe. But Ika just wanted to pay only in some amount of money and finally we also must paid the bill. (30% of the bill will be payed by Ika)

After having dinner we watched Terminator Salvation in the XXI theatre at 8 p.m. Overall i enjoyed the movie although i had not watch the previous series. Lost information sometime in the movie. 😀 The movie is a prekuel of Terminator series. The story took place in the year of 2018. At that time, the earth is in the begining of war between machines and human. The machines it self is the first type of robot and made of heavy steel. There are many war and action scene in the movie. I think this is one of the movie that i give the recommendation. For you who love the terminator series should watch this movie.

Ok, now there are a few gallery of ours. This is just around 3% of the photos. I will upload somewhere if i have more time.:D

PizzaHut1

After Having Dinner

PizzaHut2

Ika as The Center of Attention

PizzaHut3

Our Ustadz Who Came Late 😀

My Study

Sewaktu gw ditanya waktu sma dulu mau lanjutin kuliah dimana sama orang lain maka saat itu gw akan jawab ke teknik elektro. Pertanyaan lanjutan adalah pilihan kampusnya kemana aja? Maka jawaban yang gw bilang adalah ITB sama UI.

Saat itu langsung aja kk gw bilang,  halah fan paling ujung2xnya masuk FK juga. Hehehe..emang waktu itu gw inget banget 3 tahun sebelumnya swaktu pertanyaan yang sama muncul buat kk gw dia akan jawab dengan jawaban yang sama. Tapi entah kenapa tiba2x pas UMPTN dia milih FK UI. Tapi berhubung gw gak dah liat buku2x kedokteran yang tebel2x banget plus gw gak berani sama yang namanya liat darah atau mayat gw tetap sama pilihan gw sampe SPMB.

Ngomong2x tentang sma gw dulu, SMU gw dulu dijakarta. Dia mepet sama sungai ciliwung dan Biasanya akan kena banjir bandang setiap 5 tahun sekali dengan ketinggian sampe 2-3 meter. Namanya SMUN 8. Kalo pengen liat infonya bisa diliat disini.

Grafik banjir yang gw alamin adalah: Kelas 1 banjir nutupin seluruh lapangan bola sekolah dengan ketinggian skitar semata kaki, kelas 2 banjir nutupin lapangan bola sekolah dengan ketinggian selutut, dan terakhir kelas 3 banjir nutupin lapangan bola sekolah dengan ketinggian semata kaki kalo kita berdiri di tingkat 2 gedung sekolah.

OK sekarang kembali ke pembicaraan sebelumnya. Sebenernya ada beberapa ilmu yang gw senengin yaitu fisika, astronomi sama sejarah. Tapi berhubung setelah gw lulus kuliah berencana untuk kerja makanya gw milih elektro. Toh elektro juga aplikasi dari fisika dan dari yang gw denger waktu dulu kalo seandainya lulus dari jurusan ini dari ITB maka akan gampang buat cari kerja. Alesan lebih jauh kenapa pengen kerja adalah supaya bisa beli konsol game atau komputer yang canggih buat maen games. hehehe.

Yap Alhamdulillah akhirnya lulus SPMB dan dapet di pilihan pertama. Waktu yang gw laluin di ITB ternyata berjalan dengan cepat dan akhirnya gw sampe ke tingkat 4 atau masuk ke semester 7. Disinilah gw dapet suatu pemikiran baru. Dulu sewaktu mulai kuliah di tingkat satu gw slalu berniat buat kerja di PLN setelah lulus dan semuanya cukup sampai jenjang S1  ( alesan gw milih arus kuat ini :D).  Nah pada suatu kuliah yang dosennya adalah Dr. Parouli Pakpahan (Alm), beliau mengatakan sesuatu keanak didiknya (termasuk gw), “nanti kalau bisa kalian lanjutkan kuliah kalian, kurang ilmu kalian kalau cuman sampai S1 saja.”

Kata-kata itulah yang gw inget dari beliau dan langsung masuk ke bagian otak gw yang ngurusin Long Term Memory. Menurut gw benar apa yang dikatakan oleh beliau. Gw pernah ngebaca blog Pak Armein tentang pandangan beliau mengenai jenjang pendidikan yang bisa dilalui manusia. S1 mempersiapkan seseorang menjadi profesional yang mengerti atas bidang yang ditekuni dan dapat mengerjakan suatu pekerjaan pada bidang tersebut sesuai yang pernah diajarkan kepada dirinya. Jika melanjutkan pada jenjang S2 maka seseorang akan menjadi lebih paham dan mengerti secara lebih mendalam tentang bidang yang ditekuninya dan diharapkan dapat menyelesaikan suatu masalah dengan metode yang telah diajarkan ataupun membuat suatu cara lain berdasarkan ilmu yang dimilikinya. S3 adalah sebagai peneliti. Dan akhirnya gw memutuskan buat ngelanjutin kuliah gw ke jenjang S2. Sebelum mulai ngelanjutin cerita tentang kuliah gw, gw pengen sedikit mengulas kehidupan gw selama 4,5 tahun di ITB. Bener2x sedikit dan enggak banyak :D.

Nah inilah tempat gw tinggal selama 4.5 tahun dibandung. Nama lengkapnya Institut Teknologi Bandung.  Jadi kuliah di ITB, pada tahun 2002, diawali dengan nama Tahap Persiapan Bersama (TPB) pada tahun pertamanya. Pada tahap ini kuliah dasar diajarkan dan biasanya kita bisa mengatakan bahwa tahap TPB adalah “Tahap Paling Bahagia”. Disebut demikian karena TPB bisa dibilang SMA kelas 4 dan perkuliahannya lanjutan dari SMA. Masih inget lah pelajaran2x SMAnya. Toh belom sampe 3 bulan SPMB lewat. hehehe.

Kuliah jurusan dimulai dari tingkat dua. Tetapi untuk jurusan elektro masih juga digabung untuk semua kuliah wajib mahasiswa S1 teknik elektro. Sedangkan kuliah2x penjurusan dan sudah terpisah diadakan pada tingkat tiga dan selanjutnya sampai lulus.

Setiap tingkat di ITB selalu ada kenangannya dan gw bisa ngelompokin ke 4 kelompok besar atas semua kenangan itu. Tingkat pertama suka maen ke kosan Panji untuk maen game komputer offline. Biasanya sih maen Age of Empires or Age of Mythology sama Ghost Recon.  Tingkat dua suka nginep di sekre unit kegiatan tenis meja buat maen game offline dan tetep ke kosan Panji juga. Tingkat tiga kosan bisa dibilang pindah ke sekre HME (Himpunan Mahasiswa Elektroteknik) di Labtek 8 (Labtek Ahmad Bakrie) buat maen game online yang biasanya DoTA sama CS. Tingkat empat biasanya nomaden ke Lab2x punya anak EL untuk maen DoTA juga. Tingkat 4,5 kadang2x nginep di Lab orang buat maen DoTA jg. Setelah dipikir2x kok tampaknya hidup gw di ITB hanya untuk maen games. Pantesan gw lulusnya telat. Hehehe. Sudah cukup cerita yang singkat tentang kehidupan gw di ITB.  Saatnya melanjutkan cerita tentang study gw setelah S1 yang keputus tadi.

Sekitar akhir desember 2008 gw ngelamar sebuah kampus di Belanda untuk ngelanjutin kuliah S2 gw di arus kuat. Kampus yang gw lamar adalah TU Delft. Logo kampusnya juga ternyata simpel saja kayak disebelah ini. MSc program yang gw tuju adalah MSc di Electrical Engineering dengan track Power Engineering.

Yah nekad juga gw dipikir2x. Setelah ngeliat sylabus program yang gw tuju ternyata gw akan ketemu kuliah yang mirip2x sewaktu gw dapet di S1 dan dulu gw anggap susah. Tapi yang menariknya adalah sebagian besar course yang gw ambil bisa gw compose sendiri untuk disesuaikan dengan bidang yang pengen gw dalemin sewaktu ngerjain thesis. Bismillah saja deh..:D

Kuliahnya akan dimulai tanggal 31 Agustus 2009 nanti. Sekarang mempersiapkan mental dan logistik yang mau dibawa. Memperbaharui akta kelahiran yang bilingual, mengurus visa, tiket pesawat sama cari2x informasi buat segala macam kehidupan disana. Cari segala macam cara buat survive dari segi kuliah, cari info tempat2x yang menarik untuk dikunjungi, travel yang murah muriah, cari teman sebanyak2xnya yang sudah disana. Hyuhh..smoga semua berjalan dengan baik amin. 😀

Terakhir gw cantumin alasan utama gw ngelanjutin kuliah di MSc program di Delft. Yang pertama adalah memperdalam ilmu sehingga bisa mendapatkan kesempatan yang lebih baik dari segi karier, Istirahat sejenak dari rutinitas kerjaan ke kantor (meskipun bakalan terdampar dirutinitas kuliah hehehe), terakhir adalah untuk hepi2x berpiknik keliling eropa :D.

My Best Friend`s Wedding

Ini salah satu kondangan ke temen gw yang termasuk kategori Mewah. Tempatnya di Puri Ardhya Garini di daerah halim. Nama temen gw yang satu itu adalah Ziky Teguh Farhan dan istrinya juga temen gw namanya Fitri bla bla bla (ndak tau nama panjangnya :D). Yang cukup unik adalah Ziky angkatannya dua tahun diatas gw dan Fitri 2 tahun dibawah gw yang keduanya sama-sama anak elektro. Jadi rentang yang dateng adalah angkatan 2000-2004 dan ini seperti reuni skala kecil2xan. Selain itu ternyata elektro angkatan 75 juga ikutan nimbrung disana yang menurut pendapat gw mereka semua adalah temennya orang tua kedua mempelai. Nah yang bikin gw takjub lagi adalah para undangan yang dateng ke pernikahan itu. Pertama kali gw baca adalah Fahmi Mochtar (dirut PLN) Rudi Rachmat (Bos besar gw di Siemens) dan beberapa orang penting lainnya. Gile temen gw yang satu ini, baru staun lebih dikit di PLN dah bisa ngundang dirutnya positif  thinking gw hehehe.

Dari segi gedung emang mantab,  atapnya tinggi, ruangannya luas dan besar dan juga lahan parkir luas. Kalau catering yang disediakan sangat sangat variatif dan sedap. (yang paling gw suka udang tepungnya..nyam3x). Tapi dari itu semua, yang paling gw inget adalah sewaktu gw salam2xan sama sang penganten. Pas salaman sama ziky dia bilang, “gimana penampilan gw? pake senjata kayak gini dah mirip Sven blom?” tanya anak yang satu itu sambil niruin gaya Sven the Rogueknight diatas panggung, disebelah mertua, disamping istri ma disamping orang tuanya. Zik2x..lha wong dah nikah masih inget sama Sven.Sven dibawah ente khan cupu pisan.. hehehe..btw tetep lah.kapan2x kita ketemuan di sungai lagi..hehehe..