Tips Kardel Sharp Eye

Sebelum ketemu musuh bergaya dulu di sungai tengah dengan sebuah ayam dan sepatu merah

Setelah itu mulai perang

Ato kalo nekad kriping di hutan dilevel 1

Setelah mencari banyak gold dengan membunuh krip lawan dan heronya, sudah saatnya menghentikan pertandingan dengan item2x yang macho. Berusaha menghancurkan Frozen throne? udah gak musim, skarang ngancurin fountain musuh musimnya. Gak perlu bawa temen..sendirian dah cukup 😀

Ganti nama bukan Defend of The Ancient tapi Defend of The Fountain

Kalo dah ancur tinggal gantiin posisi fountain buat musuh: sumber kematian

Kalau bisa sampai mati semua: Rampage

Demikian tips and trick tentang Kardel Sharp Eye the Dwarven Sniper. Smoga membantu..:p

Solar Energy: Solar Cells (1)

Akhirnya selesai jg ujian terakhir dari seri musim ujian quarter 4 dengan ditandai oleh selesainya salah satu kuliah yang namanya solar cells.  Seperti halnya kuliah2x populer yang banyak diminati oleh para engineer2x muda, solar cells merupakan salah satu kuliah yang peminatnya sangat banyak di tu delft.  Kuliah yang menurut gw “cuci otak” tentang pentingnya salah satu sumber energy utama dimasa yang akan datang. Diminggu pertama kuliah diawali dengan fakta2x dan potensi2x tentang bidang yang satu ini yang kemudian dilanjutkan tentang basic solar cells, technology saat ini dan yang terakhir kemungkinan arah perkembangan teknologi kedepannya. Pada bagian ini, akan dibahas mengenai potensi pemanfaatan solar energy.

Gambar diatas mengilustrasikan bahwa sejak jaman dahulu solar energy adalah sumber energy utama dalam kehidupan dan kesejahteraan manusia. Pemanfaatan energy dengan sumber fossil fuel merupakan sumber energy utama saat ini dan sudah tentu akan habis dalam waktu beberapa puluh tahun atau ratus tahun kedepan. Sedangkan dimasa yang akan datang sumber energy yang potensinya cukup besar adalah dengan konversi langsung energy matahari menjadi energy listrik yang siap dipakai.

Lalu seberapa besarkah energy yang bisa disuplai dan dimanfaatkan dari matahari? untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa data y ang diinformasikan dari kuliah solar cells tentang kebutuhan konsumsi energy rata2x perorang dan rata2x yang dipakai manusia saat ini.

Seorang manusia yang aktif akan mempergunakan energy sebesar 2500 kcal/hari atau sama dengan 1055 kWh/tahun. Energy ini dipakai untuk memanaskan tubuh manusia sehingga tetap hangat dan dapat beraktifitas dengan normal. Daya rata2x yang dipakai oleh manusia adalah sebesari 0.12 kW.

Sedangkan pemakaian energy global adalah sebesar 120*10^12 kWh/year atau sama dengan 19500 kWh/orang/tahun (dengan jumlah 6 milyar populasi manusia). Daya rata2x yang dipakai adalah sebesar 1.4*10^10 atau 2.3 kW/orang. Disini terdapat suatu perbedaan yang sangat besar antara kebutuhan seorang manusia yang aktif dan pemakaian energy saat ini. Sebagian pesar energy yang dipakai adalah untuk kenyamanan, entertainment, rekreasi, transportasi dan sbagainya.

Daya yang diradiasikan oleh matahari adalah sebesar 380*10^21 kW setiap saat atau 3.2*10^27 kWh/tahun energy. Bumi akan menerima daya sebesar 6000*10^10 kW atau 10^4  kW/orang.

Dengan perkiraan kasar diatas dapat dilihat antara kebutuhan energy yang dibutuhkan manusia saat ini adalah 2.3 *10^0 per orang dan daya yang tersedia dari matahari sebesar 10^4  kW/orang.  Sesungguhnya daya yang dibutuhkan untuk kebutuhan manusia sangat berlimpah dan jika manusia dapat memanfaatkan skitar 1% saja energy yang tersedia, maka seluruh energy secara global dapat dipenuhi hanya dari sumber matahari energy matahari saja.

Ilustrasi dibawah ini menggambarkan tentang ketersediaan energy yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Source:Nitsch. F. (2007): Technologische und energiewirtschaftlische Perspetiven Emeuerbarer Energien. Deutsches 7entrum fur I uft-und Raumfahrt

Ilustrasi diatas menunjukan betapa besarnya potensi energy dari matahari. Dengan potensi ini, solar cells merupakan salah satu bidang riset yang berkembang dengan cepat dan salah satu industy yang memiliki pertumbuhan yang tinggi dari sisi ekonomi.

Lalu, mengapa solar cells? bukankah sumber2x energy lain jg cukup besar potensinya? Secara umum ada beberapa keuntungan dengan memakai solar cells. Dari sisi energy supply, solar energy memiliki potensi yang besar. Dengan meningkatnya kebutuhan energy manusia dan jg dengan semakin menipisnya sumber energy dari fosil maka solar energy merupakan salah satu sumber energy utama dimasa mendatang. Dari sisi ekologi solar cells tidak menghasilkan polusi. Dalam proses konversi energy tidak ada hasil sisa seperti halnya jika konversi energy dengan membakar fossil fuel. Selain itu solar cells tidak memiliki bagian yang bergerak sehingga tidak ada polusi suara. Yang ketiga dari sisi ekonomi. Solar cells industri merupakan salah satu industri yang pertumbuhannya sangat pesat. Dengan meningkatnya permintaan akan energy dan sumber energy fosil yang menipis, maka permintaan akan solar cells akan tumbuh dan memiliki potensi bisnis yang menguntungkan.

Source: Photon International, 2009

Anak Power ’02

Setelah jenuh gara2x belajar non stop dan mentok disalah satu topik, tadi malam akhirnya gw browsing foto2x tagging dari facebook dari yang terbaru sampai yang tertua dan menemukan beberapa foto yang bikin gw cekikikan..

Foto pertama yang temuin. Dari foto ini menunjukan suatu komunitas yang perbandingan antara kaum hawa dan adam dengan persentase yang jomplang dan dipakai sebagai alasan atau pembenaran mengapa sebagian besar dari mereka lulus dengan predikat jomblo pada wisuda S1 atopun pada wisuda S2 buat kasus khusus yang disandang si Windra, salah seorang calon Doktor yang lagi bermain2x di Jepang. Smoga aja untuk wisuda dijepang sana udah gak menyandang status jomblonya. 😀

Foto kedua yang ditemuin dimana kita berkunjung ke tempatnya rangga yang cuti kuliah karena sakit. Tempat yang menyenangkan deket lokasi Mak erot berada. suasana yang asri dan dengan disuguhi makan nasi dari bakul beralaskan daun dan jg lauk ikan yang ngambil langsung dari empang empunya rumah.  Salah satu waktu yang dilalui dimana para jejaka arus kuat dengan malu2x kucing pengen bisa berkenalan dengan adiknya yang empunya rumah. Udah banyakan dan main kroyokan pun masih gak berani kenalan..:D

Salah satu foto yang cukup lengkap memuat anggota power. Foto yang diambil setelah suatu acara ekskursi yang dikomandani oleh sebut saja namanya kohar. 😀

Kelompok manusia yang gw yakin sbenernya dari segi otak sangat mumpuni dalam menimba ilmu ataupun bekerja, akan tetapi banyak diantara mereka yang akhirnya terdampar di ITB lebih lama lagi gara2x sifatnya yang kocak2x dan jg terkadang pemalas. Banyak yang bisa dikenang dari segerombolan manusia yang dalam waktu minimal 2 tahun bersama untuk mendapatkan gelar S1 dari sebuah kampus yang katanya terbaik bangsa. 😕

Ada saat dimana para manusianya cuman dateng kuliah dikelas dan bengong gak ngerti yang diomongin dosen

Para manusia yang hobi nongkrong2x didepan teras gedung kerjasama PLN diantara waktu kuliah dengan bermain kartu, ngumpul2x ngobrol gak jelas, ketawa2x sampe sakit perut, nyela kawannya sendiri.

Para manusia yang ketika bergerombol didepan teras gedung kerjasama PLN ngecengin cewek2x TPB yang wajahnya cerah2x dan jauh dari jangkauan masing2x orang.

Para orang yang berani ngecengin dari jauh saja tanpa hasrat dan keberanian untuk berkenalan.

Para manusia yang dengan luar biasanya gak belajar sama skali dan malah merencanakan sebuah strategi tempat duduk sehingga ketika ujian bisa berhasil dengan sukses pada suatu kuliah.

Para manusia yang ada kalanya mendapat nilai E semuanya untuk satu deret meja.

Meskipun mendapat E, ketika mengulang kuliah yang sama adakalanya belajar bersama sampai larut malam atau bahkan tidak tidur untuk ujian esoknya. Menunjukan jatidiri sebenarnya dan berhasil melewati dengan baik.

Ingat sewaktu duduk dan menunggu dengan was2x giliran untuk mendapatkan semprotan dari Prof. Jhon.

Teringat wajah kohar yang sangat panik ketika dibentak2x oleh Prof. Jhon dan tampak putus asa tapi berakhir bahagia dengan mendapatkan nilai B. suatu nilai yang langka.

Teringat mendengar suara Prof. Jhon yang sangat kencang dengan si Dila bersamanya untuk waktu yang lama akan tetapi kembali berakhir bahagia karena cukup sekali menghadap beliau.

Teringat dengan sotoynya menjadi asisten lab adek kelas dan menanyakan banyak hal yang belom tentu sendirinya tau jawaban yang ditanya.

Teringat persiapan2x untuk acara ekskursi yang selalu diselingi banyak canda dan tawa.

Teringat tim kecil menikmati buffet di tomang.

Teringat ketika wisuda sebagian besar tidak didampingi oleh seorang wanita

Dan juga banyak banget keanehan2x yang kalo diinget2x kembali menjadi sangat lucu.

Empat tahun sudah lewat. Ya cuman empat tahun dan terkadang berasa cuman sebentar tapi kalau diingat2x tampak sudah sangat lama. Ada yang jadi engineer2x PLN ato anak perusahaannya, ada yang jadi engineer di perusahaan owner ato oil service, ada yang jadi engineer diperusahaan setengah BUMN, ada yang jadi engineer di perusahaan swasta, ada yang jadi engineer di negeri orang dan ada jg calon peneliti yang berusaha menyelesaikan Phd-nya.

Ternyata waktu cepat berlalu dan meninggalkan banyak kenangan yang membuat rasa kangen terhadap sejumlah manusia2x aneh dari arus kuat sebuah kampus di bandung angkatan 2002.:D

Biaya Hidup di Belanda

Kalau mempergunakan bahasa resmi: “Sehubungan dengan pembukaan bagi mereka yang berminat untuk melanjutkan kuliah S2 di luar negeri sudah dimulai dari akhir desember tahun lalu dan jg pengumuman mengenai hasil seleksi kemungkinan sudah keluar bagi mereka yang mendaftar sejak dini serta ditambah lagi pendaftaran beberapa beasiswa untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar nantinya, maka banyak diantara calon mahasiswa mencari-cari info mengenai bagaimana hidup dinegeri orang seperti Belanda. Beberapa ada yang menghitung2x kebutuhan hidup sehari-hari, housing, transport, buku dan jg telekomunikasi dan mungkin tiket pesawat terbang. Ini sesuatu yang lumrahwi dan wajarwi dilakukan bagi mereka yang ingin lanjut kuliah diluar.”

Kali ini saya akan me-list beberapa biaya hidup yang umum dilakukan atau dibeli oleh mahasiswa Indonesia. Tampilan biaya disini adalah untuk Belanda wabil khusus untuk Delft.

mari kita tengok:

Beras (20 kg) = 18.9 euro (di oriental)
Beras (4 kg)=4.4 euro (di polat)
Indomie berbagai merek (1dus) = 9 euro (di oriental)
Indomie sebungkus = 0.34 euro
Roti tawar (yang full) = 1.20 euro (albert hijn)
Keju (chedar) = 0.89 euro (aldi)
coklat tabur (ceres) = 1.75 euro (C1000)
margarine = 0.73 euro
selai coklat = 3.25 euro (C100 or AH)
Roti burger (4 biji) = 0.99 euro (AH)
Beef burger (4 buah) = 1 euro (AH)
Telur ayam (10 biji) = 1.46 euro (C1000)
telur ayam (30 biji) = 3 euro (Polat)
sawi = 1 euro (OzHalk)
Tempe = 1.25 euro (Polat)
Tahu = idem (Polat)
bawang = murah lah (1 euro beberapa biji)
daging ayam fillet = 4.xx euro per Kg (Polat or Ozhalk)
daging ayam kipkarbonade = 2.75 per Kg (polat or Ozhalk)
Ati ampela, hati ayam n jantung = 2.75 per Kg (polat or Ozhalk)
daging embe = 13.x euro per Kg (Polat or Ozhalk)
Daging sapi buat steak = 10-12 euro per Kg  (Polat or Ozhalk)
Daging sapi buat sayur = 5.9x per Kg (Polat or Ozhalk)
Daging sapi gilign = 4.xx (Polat or Ozhalk)
Berbagai bumbu masak dengan kisaran 1-4 euro
Bakso = bikin sendiri
Mie ayam = bikin sendiri
Donner kebab = 3.75 euro (Vatan)
Kapsalon = 4.5 euro (Vatan)
Makan dikantin = 3.4 euro kleine
Makan di Den Haag =10-20 euro
Sushi all u can eat = 19.7 euro (siang2x)

Housing = 290-480 perbulan buat yang short stay DUWO
Nonton bioskop=13 euroan
Naik bus terdekat=1.2 euro (strippenkart)
Naik tram terdekat=idem (strippenkart)
Naik kereta (contoh denhaag)= 1.3 euro
Telepon pra bayar = 10 euro, normal=30 euro perbulan
Telepon pasca bayar=30 euro (all u can call in holland)
Internet dirumah = gratis (Upto 50 Mbps or 6 Megabytes per secon)
Internet dikampus = gratis (Upto 80 Mbps or 10 Megabytes per secon)

Demikian tulisan diwaktu yang sangat luang saya..kalo sdikit tips n trik buat kul ada disini

Spring

Finally it comes. Bud of flowers start to grow everywhere and it seems will decorate the roadsides in Delft.

Beasiswa Depkominfo 2010

Buat yang pengen sekolah keluar negeri dan butuh pendanaan.

Source info beasiswanya: Bla bla

Buat yang pengen ke TU Delft: Bla bla bla

Buat yang pengen jurusan Power Engineering: Bla bla bla bla

Kisah Gundala Jadi Putra Petir

Kisah tradisional asli Indonesia ini sudah lama tidak terdengar. Pada jaman tahun 1990-an komik yang satu ini cukup terkenal dikalangan anak2x terutama pada sebuah taman bacaan di bilangan Utan Kayu Selatan yang sudah punah belasan tahun lalu pula seiring menurunnya minat baca ditempat tersebut. Sampai sekarangpun saya masih belum tahu (atau lupa) bagaimana sang Gundala bisa mendapatkan kesaktiannya. Setelah diteliti dan direnungkan selama beberapa malam akhirnya saya mendapatkan ilham mengenai pertanyaan saya tersebut. Dan inilah kisahnya.

Alkisah pada suatu hari di suatu negeri antah berantah berjalanlah seorang pemuda yang namanya Gundala. Sampai suatu waktu sampailah sang pemuda ditanah lapang yang ditumbuhi rerumputan yang terhampar luas. Pemuda yang satu ini tidak menemukan sesuatupun didaerah tersebut selain dirinya dan rerumputan dan juga penghuni ekosistem padang rumput lainnya. Akhirnya Gundala melanjutkan perjalanannya untuk menyebrang padang rumput tersebut. Akan tetapi dia tidak menyadari suatu gejala alam yang terjadi saat itu.

Pada saat itu permukaan bumi menerima energi yang diradiasikan matahari sehingga memanaskan udara diatasnya. Udara panas tersebut lalu mengalir keatas dan tempatnya digantikan oleh udara yang lebih dingin. Sampai suatu ketika diangkasa tersebut terbentuklah bulir2x air yang namanya raindrops. Oleh dikarenakan adanya medan magnet diantara lapisan atmosfer dan bumi, maka terjadilan polarisasi pada raindrop tersebut. Nah setelah terjadi polarisasi itu sang raindrop mengelana kesana kemari dan tiba2x saja dihantam oleh angin yang bernama windgust yang menyebabkan dirinya terbelah menjadi raindrop negative dan raindrop positive. Raindrop positive ini memiliki masa yang lebih besar dan tambun dibandingkan yang negative. Oleh karena hal inilah raindrops yang tambun ini jatuh kebumi sedangkan yang lebih ringan tetap diangkasa dan bersatu dengan kawan2xnya yang senasib dan sepenanggungan. Setelah bertemu dan berkumpul dengan kawan senasib tersebut akhirnya mereka sepakat membentuk perkumpulan yang dinamakan Thunderclouds. Nama yang cukup menarik dan keren. Sang perkumpulan Thunderclouds inilah yang akan mengubah hidup pemuda bernama Gundala selamanya.

Alkisah thunderclouds ini sampai pula dipadang rumput dimana Gundala sedang menyebranginya ketempat tujuan. Yang unik dari Thunderclouds adalah dia selalu menimbulkan pasangannya yang positive di bumi. Kemanapun dia pergi disana juga ada pasangannya. Sampai suatu ketika setelah perkumpulan thunderclouds itu cukup besar dan jg pasangannya dbumi terjadi hal yang sama, akhirnya terbentuklah jurang diantara mereka yang cukup besar dengan nama beda potensial yang nilainya sampai jutaan volt. Oleh karena jaraknya yang jauh dengan permukaan bumi, medan listrik yang ditimbulkan pun tetap lebih rendah dari breakdown udara.

Kisahpun berlanjut. Pada saat itu discharge terjadi di thunderclouds dan meningkatkan muatan didalam thunderclouds. Setelah hal itu cukup banyak terjadi, akhirnya sang thunderclouds tersebut memutuskan untuk bersilaturahmi dengan pasangannya (si positive di bumi). Oleh karena adanya medan listrik, maka si discharge yang terjadi sebelumnya membentuk suatu panitia khusus yang disingkat pansus dengan tugas merintis sebuah jalur untuk menjembatani dengan pasangannya dibumi. Nama pansus tersebut adalah Step leader. Si step leader ini mencari jalannya menuju bumi dalam step kisaran 30-100 meter sekali melangkah. Arus yang dibawa oleh step leader ini kecil dan hanya sampai seratusan ampere saja. Nah oleh karena nature yang stochastic dan jg oleh karena mencari jalan dengan hambatan terkecil membuat step yang terjadi menjadi berbelok2x dan juga terkadang menyebabkan percabangan. Nah sampai suatu ketika sang step leader ini sampai kisaran seratusan meter diatas padang rumput tersebut. Pada saat itu sang step leader bingung arah mana yang terdekat yang akan ditempuh. Dan setelah melalui mufakat akhirnya mereka membentuk suatu bola dengan jari2x yang sesuai dengan banyaknya discharge yang nanti akan dibawa melalui saluran yang dibentuk step leader. Proses pencarian ini dibarengi dengan blunder yang dilakukan oleh Gundala.

Saat itu Gundala cukup lelah sehingga dia menguap sambil menggeliat dengan mengangkat kedua tangannya keatas. Pada saat itulah sang step leader mendapatkan ilham. Eureca.. akhirnya dengan daya pikat medan listrik yang cukup besar menyebabkan pasangan dari Thunderclouds yang positive di bumi untuk mendekati sang step leader. Tempat yang dilewati oleh sang positive adalah melalui kaki Gundala dan sampai keujung tangannya yang sedang menggeliat. Setelah diujung tangan Gundala, sang positive membentuk sejenis persekutuan seperti halnya thunderclouds dan mereka memberi nama Streamer. Streamer ini terbentuk terus dan akhirnya membentuk saluran menuju sang step leader. Dengan daya pikat dari medan listrik yang kuat oleh step leader akhirnya streamer sampai pula ke step leader dan mereka bersilaturahmi  dengan menyalurkan discharge current yang seratusan ampere tersebut dan sebagai balasannya sang positive jg menyalurkan dalam bentuk travelling wave yang sangat massive dengan kecepatan jauh lebih cepat dari si discharge current yang hanya 150 km/s. Nah kecepatan si travelling wave ini skitar setengah kecepatan cahaya yaitu skitar 150.000 km/s dan mereka cukup eksklusif dengan pemberian nama sendiri yaitu return stroke.

Kelakuan si return stroke ini sangat bengal dan begajulan. Oleh karena massivenya dan jg cepatnya, maka udara dijalur tersebut ditabrak2x yang menimbulkan luapan emosi sehingga meningkatkan suhu sampai 20.000 C dan memancarkan cahaya berwarna putih. Return stroke ini terjadi selama beberapa kali dengan jalur yang sama dan jg dengan arus kira2x 10000-100000 Ampere. Nah karena dalam bentuk travelling wave yang cepat yaitu sekitar 1.2 mikrosekon untuk mencapai nilai puluhan ribu ampere ini sehingga kenaikan suhu yang juga lebih panas dari permukaan matahari ini sangat cepat menyebabkan kenaikan tekanan udara yang namanya pressure secara tiba2x pula dalam waktu singkat. Kejadian inilah yang menyebabkan shock wave.

Ternyata kejadian itu semua dilihat oleh seseorang yang sedang duduk dipinggir padang rumput tersebut. Orang tersebut melihat kilatan cahaya dan selang beberapa waktu kemudian terdengar suara kencang yang biasa disebut orang thunder ato geledek nama lokalnya. Cahaya yang dilihat adalah ulah dari return stroke yang dinamakan petir oleh orang2x sekitar. Dari kenyataan ini dapat disimpulkan bahwa petir ini arahnya dari bumi ke atas dan bukan sebaliknya. Cabang2x dan zig-zag petir adalah hasil dari step leader diatas. Sedangkan thunder ato geledek merupakan shock wave yang terjadi pada saat petir itu menyambar. Kejadian yang dilihat oleh orang dipinggir padang rumput itulah yang merupakan saksi sejarah ketika Gundala pertama kali disambar petir yang ternyata karena kesalahannya menggeliat disaat yang tidak tepat.

Demikianlah hasil analisis dan perenungan saya mengenai bagaimana Gundala menjadi putra petir.

pesan kaki: sebaiknya jangan berdiri ditengah lapangan rumput jika sedang hujan dan disertai petir. ingat pesan ibu anda untuk berhenti bermain bola ketika sedang hujan.